Friday, August 19, 2016

Codec 4:2:2 dan Cara Mengatasinya

Belakangan ini beberapa Feed yang muncul menggunakan format Codec 4:2:2 pada Asiasat 5 hal ini tentu meresahkan para Tracker untuk dapat menonton beberapa siaran favorit. Tapi belakangan sudah mulai banyak bermunculan beberapa receiver (Rx) yang dapat mengatasi masalah tersebut seperti Skybox A5 HD, Getmecom 009 New Wifi, dan Amico A3.


Untuk lebih paham tentang Codec 4:2:2 dan bagaimana cara membukanya dapat disimak dulu gan.

Codec adalah sebuah software yang berfungsi untuk mengkompres Audio dan Video sehingga ukurannya dapat lebi kecil dengan kualitas yang tetap sama dengan kemampuan codec tersebut.
Begitu pula dengan codec 4:2:2, dia mengkompres audio video sebelum disalurkan dan harus diekstrak dengan codec yang sama untuk dapat membuka dan melihat siaran feed 4:2:2.

Cara untuk membuka Coded 4:2:2 adalah dengan menggunakan DVB card, beberapa DVB yang sudah support adalah DVB S3/NS3. Namun, Receiver DVB S maupun DVB S2 juga yang bercodec 4:2:2.

Untuk yang cuma mau ganti DVB Card dengan mengutak atik sendiri Rx. sran saya  mending beli sekalian Rx baru gan, soalnya harganya DVB Card hampir imbang dah sama Rx baru haha, bisa dicek harga di gugel.

Alternatif untuk bisa membuka codec 4:2:2 adalah dengan menggunakan flashdisk (FD) dan komputer atau Laptop. Rekam datanya, kemudian buka kembali di komputer untuk mendapatkan codecnya. Dijamin enjoy deh gan...



0 komentar:

Post a Comment